Bikin SIM A Gak Pake Ribet!

Minggu lalu tepatnya hari Kamis 29 Maret 2018, gw bikin SIM A di SATPAS Pelayanan SIM Daan Mogot, Jakarta Barat. Hal ini sudah direncanakan jauh-jauh hari. Sebelum bikin SIM gw browsing-browsing dulu untuk harga, persyaratan, lokasi dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mempersiapkan e-KTP, Kartu keluarga (KK) dan fotocopy nya masing-masing 5 lembar. Jika teman-teman yang KTP nya belum e-KTP bisa, atau masih Surat Keterangan KTP, silahkan saja dibawa, Surat Keterangan diterima juga. Persiapkan juga untuk membawa Pulpen warna hitam.

simb

Pagi-pagi sudah jalan dari rumah dan sampai di sana jam 8.30, walaupun sempat nyasar sedikit tapi sampai juga. Untuk pembuatan SIM A dikenai biaya Rp 120.000 / orang, jika SIM C dikenai biaya Rp 100.000 / orang. Selain itu ada biaya di luar biaya tersebut yaitu untuk biaya test kesehatan Rp 25.000 dan asuransi Rp 30.000.

Alur prosedurnya setelah datang ke lokasi, silahkan saja langsung ke Loket 1 untuk bayar test kesehatan, dan menyertakan Fotocopy KTP dan KK. Test kesehatan disini Cuma di test mata saja, jadi temen-temen kasih form kesehatan ke petugas setelah itu duduk lalu melihat di layar dan menyebutkan huruf-huruf yang dipilihkan oleh petugas, proses ini gak sampai 5 menit.

Setelah test kesehatan langsung bayar ke loket asuransi Rp 30.000. Nanti dikasih kartu asuransi yang fungsinya jika kalian mengalami kecelakaan di jalanan dapat asuransi maksimal Rp 4.000.000. (mudah – mudahan aja tidak ada apa apa di jalanan). Kemudian setelah bayar asuransi lanjut menuju loket selanjutnya. Di sana pasti ditawarin untuk beli pensil, jangan dibeli yah, karena untuk ujian menggunakan computer, pastikan saja membawa pulpen warna hitam saja.

Masuk ke gedung pelayanan SIM nanti dikasih name tag, jangan sampai hilang tuh name tag, nanti kalian gak bisa keluar gedung, hehehehe. Langsung menuju ke loket untuk menukar surat kesehatan dengan formulir SIM dan membayar Rp 120.000 nya. Setelah formulir SIM nya diisi dengan lengkap dengan pulpen warna hitam, kemudian bawa ke depan petugas untuk di cek kelengkapan administrasinya, kemudian geser ke sebelahnya lagi untuk di input di system.

sima

images

Lanjut lagi masuk ke ruangan lain yaitu ruangan foto SIM online, setelah di input oleh petugas, nanti kita dikasih selembar kertas untuk mengetahui blok mana kita harus menaruh berkas tersebut. Taruh berkas tersebut di blok yang sesuai setelah itu tunggu sampai dipanggil untuk foto. Ketika sudah dipanggil untuk foto, kita akan disuruh melihat apakah data yang di input sudah sesuai atau belum. Jika sudah sesuai tinggal di foto oleh petugas dan sidik jari jempol kanan dan tanda tangan di SIM.

Habis difoto langsung ke tahap berikutnya yaitu Ujian Teori. Dari tempat foto tadi kita akan diberikan kertas untuk masuk kelas yang sudah di tulis di situ. Masuk ke kelas, serahkan kertas ke petugas di dalam ruangan ujian, petugas akan menscan lalu silahkan duduk di bangku yang kosong lalu ikuti ujiannya. Ujian SIM A ini terdiri dari 30 soal dalam waktu 15 menit. Soal-soalnya sederhana dan pilihan ganda hanya a, b dan c saja. Jika sudah selesai ujian dan lulus, maka petugas tadi akan memberikan kertas kembali yang menyatakan kita Lulus ujian teori dan langsung menuju tahap selanjutnya yaitu Ujian Praktek.

78da5f07-c147-4fae-a58d-35a0046e4ed4

Di loket 7 kita akan mengikuti ujian praktek ini, serahkan kertas tadi di loket tersebut, nanti kita akan diberikan kertas ujian praktek untuk di berikan di petugas lapangan. Setelah sampai di tempat ujian praktek, kita akan ditanya pakai mobil manual atau automatic. Di ujian praktek ini ada 3 tahapan, jika salah satu tahapan tidak lulus maka langsung dinyatakan gugur dan harus mengulang kembali, biasanya mengulang 2 minggu kemudian.

3 tahapan itu bisa diacak, yaitu :

  1. Jalan lurus mengikuti garis kemudian mundur,
  2. Jalan berliku – liku / zig-zag mengikuti corong kemudian mundur zig-zag,
  3. Parkir mobil dalam sekali putaran.

Setelah dinyatakan lulus ujian praktek, maka kita akan diberikan kertas kembali untuk diserahkan ke loket selanjutnya untuk menunggu hasi SIM kita jadi.

Prosesnya untuk ujian SIM ini sangat cepat, kira-kira 2 – 3 jam saja. Itu jika lulus yah, jika tidak harus menunggu sampai 2 minggu lagi. Di sini juga ada jasa calo, biasanya harganya itu kisaran 750-800 ribu. Menurut saya mending urus sendiri, biar tahu rasanya menunggu.

Ayo, kalau kalian pakai yang mana ? 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Bikin SIM A Gak Pake Ribet!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s