Ada Apa di Penang, Malaysia ?

Kali ini kita jalan-jalan ke Penang, Malaysia. Pulau kecil yang luasnya 293 km².

Penerbangan dari Jakarta ke Penang bisa menggunakan pesawat Air Asia, Citilink, Malaysian Airlines dan beberapa maskapai lainnya. Biasanya yang paling murah, direct dan banyak digunakan yaitu Air Asia tapi tanpa bagasi, hanya kabin bagasi saja yang 7 Kg. Tapi tidak masalah, 7Kg cukup kok untuk membawa beberapa baju dan celana ganti untuk beberapa hari.

Ada cerita unik menegangkan waktu kedua kali kami pergi ke Penang. Kami naik pesawat Malaysian Airlines yang transit ke KL. Di tiket tertulis masa transitnya 1 jam 15 menit, namun pas kami turun di KL dan sempat mengantri untuk membeli kopi dan sarapan, saya lihat tiket boarding pass tertulis jam keberangkatan ke Penang hanya 30 menit lagi dari ketibaan kami. Segera kami langsung buru-buru dan tidak jadi antri beli sarapan langsung menuju Imigrasi.

Sampai di Imigrasi, petugas hanya 1 orang saja dan beberapa orang mengular antri. Ada juga yang menerobos antrian kami dengan dalih buru-buru mau naik pesawat. Astaga…. ini kita pasti ketinggalan pesawat. Mana orang imigrasi nya lama dan pakai acara komputernya restart.

Untung saja satu persatu petugas imigrasi nya nambah dan antrian pun cepat selesai dan kami lari-lari kecil menuju gate. Hampir saja ketinggalan pesawat.

2 jam 30 menit kira – kira lama perjalanan dari Jakarta (CKG) ke Bandara Penang Internasional kalau pesawatnya direct. Jika transit ke KL, ke Penang hanya 40 menit saja. Bandaranya tidak terlalu besar, dan yang pasti tidak terlalu jauh untuk ke kota nya. George Town salah satu kawasan terkenal di Penang, Malaysia. Dari Bandara Penang bisa menggunakan taksi seharga RM 45 (setengah jam sampai) atau bus umum sekitar RM 2.75 dengan durasi 1 jam lebih.

 

Rapid_Penang.jpg
Rapid Penang

Cuaca di sini hampir sama dengan cuaca di Jakarta, Panas. Jadi kalau mau ke sini musti prepare payung atau topi, kaca mata hitam dan pakaian tipis.

Sesampai di kota George Town, bisa keliling menggunakan Hop-On Hop-Off Penang, biayanya bisa di cek di sini. Selain itu bisa juga keliling kota menggunakan sepeda, yang caranya bisa menyewa via hp kalian, namanya LinkBike. Ada beberapa tempat penyewaan sepeda/station yang mungkin bisa kalian coba.

Ada juga penyewaan motor namun tidak disarankan karena mungkin harus memiliki SIM Internasional. Atau kalau kalian mau di sini untuk penggunaan angkutan online bisa juga menggunakan Grab, biayanya ? murah kok. Perjalanan yang hanya 2 – 7 km hanya bayar sekitar RM 5 saja. Saya sarankan kalau ada point Grab dari Indonesia di tukar point di sini agar perjalanan nya gratis. Kemarin dapet banyak tuker point di Penang, karena di Jakarta sering pakai Grab jadi point nya bisa ditukar banyak, hehehehe.

Keliling Pulau Penang umumnya mencari kuliner yang enak-enak dan murah, banyak hawker Chinese food dan makanan India di sini, serta mural art yang bagus dan pastinya gratis.

Jika malam hari kuliner di Penang ramai dan hampir di tiap jalan jualan makanan dan minuman yang enak-enak. Ada yang halal dan non-halal.

Bak_kut_teh_Penang.jpg
Tempat Makan Bak Kut Teh
Nasi_Kandar_Pelita.jpg
Nasi Kandar Pelita

Makanan yang terkenal untuk dicoba Char Kway Teow, Dim Sum, Nasi Lemak, Wan tan me dan masih banyak lagi, kalau minuman yang terkenal Milo Ice, Almond Ice, The Tarik dan banyak lainnya.Semuanya pokoknya enak dan murah, makan kisaran RM 4 – 9 , sedangkan minuman RM 2.75 – 4.

Mural art bisa kalian jumpai di beberapa tempat di daerah George Town asal siapin aja kaki karena untuk dapetin mural art harus jalan beberapa blok bangunan dan panas nya Penang. Mural art beberapa terkenal seperti anak laki di atas motor, anak kecil bermain ayunan.

IMG_24052018_075037.jpg

Selain itu banyak bangunan bangunan tua di daerah ini dan juga beberapa temple umat Budha. Bangunan rumah orang cina di sini hampir sama dan dicat warna-warni.

Chinese_House.jpg
Chinese House

IMG_24052018_073234.jpgIMG_24052018_073246.jpgIMG_24052018_073305.jpgIMG_24052018_073341.jpgIMG_23052018_141654.jpg

Budha_Temple_Penang.jpg
Budha Temple

IMG_23052018_141430.jpgOld_town_penang.jpgIMG_23052018_141518.jpgIMG_23052018_143431.jpg

Selain tempat untuk jalan-jalan biasanya Penang juga terkenal wisata medisnya, kenapa ? karena banyak Rumah Sakit yang bagus dan terkenal di sini. Mulai dari Lam Wah Ee, Adventis, Glenegleas, Loh Guan Lye serta masih banyak lagi. Biayanya tergolong murah dan biasanya ada paket promo untuk medical check up di tiap Rumah Sakit tersebut. Banyak orang Indonesia yang ke Penang untuk berobat atau pun medical check up, khususnya dari Medan, Jakarta, Surabaya dan lainnya.

So… kalau mau ke Penang jangan lupa apa yang saya tulis di atas yah.

*please like, comment and follow our blog. *

Advertisements

2 thoughts on “Ada Apa di Penang, Malaysia ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s