Ribetnya Perpanjang SIM di Jakarta

Buka dompet terus lihat SIM C bakal habis masa berlakunya beberapa hari lagi, cepet-cepet rencanakan untuk perpanjang di SIM keliling. Cari informasi dari Internet dan social media Kepolisian RI bahwa SIM keliling itu ada di beberapa tempat di Jakarta dan ada juga yang di Mall. Langsung saja gw catat dan tetapin tanggal nya. Pas hari Sabtu tanggal 5 Agustus 2018, bangun pagi trus jalan ke SIM Keliling yang terdekat dengan rumah yaitu Dealer Honda Dewi Sartika, jam 8 sampai di sana, orang sudah ramai antri. Ternyata ada batas kuota untuk perpanjangan SIM, dan kuota hari Sabtu hanya 100 blanko saja, padahal tidak ada informasi yang diberitahukan di internet maupun di social media Kepolisian. Wah informasinya di lapangan sangat jauh berbeda sekali. Tanya – tanya orang di situ dimana lagi yang terdekat, dijawab ada di dekat Taman Makam Pahlawan Kalibata, tapi ternyata info nya di situ juga sudah habis kuotanya.

sim1

Tidak patah semangat tanya-tanya lagi ke yang lain, ada yang menyarankan untuk ke Tamini Square, karena di sana ada perpanjang SIM maupun perpanjang STNK, hanya saja buka nya jam 12 siang. Langsung saja tanpa menunggu lama menuju kesana. Sampai di Tamini Square, masih sepi dan tanya-tanya satpam di mana tempat perpanjang SIM, diarahkan untuk ke lantai UG.

Karena buka nya jam 12 siang, hasilnya sampai di sana menunggu depan loket yang masih di tutup. Tempat nya bersebelahan dengan perpanjang STNK, loket STNK dibuka dari jam 8 – 11 Siang. Hampir 3 jam menunggu di sana, tibalah dibuka loket perpanjang SIM nya. Ramai-ramai orang langsung mengambil bagian antri berdiri di depan loket, antriannya pun tak beraturan, ada yang dari sebelah kanan dan ada yang buat antrian baru di sisi kiri. Semua saling berdesakan baik laki-laki maupun perempuan.

Loket perpanjang SIM pun dibuka, sebelum di buka ada informasi dari petugas SIM bahwa SIM yang dilayani pada hari itu adalah SIM yang masa expirednya dari tanggal 5 – 10 Agustus 2018 dan petugas hanya menyiapkan 50 blanko saja. Sontak orang-orang yang sudah menunggu lama pun bereaksi. Karena gw denger-denger ada yang nunggu dari jam 7 pagi, bahkan ada yang dari kantor Samsat Pusat di Daan Mogot dibilang juga bahwa blanko habis padahal baru jam 9 pagi. Suasana riuh mewarnai tempat ini. Banyak yang kecewa, kenapa tidak ditempel informasi tersebut dari awal, kenapa hanya 50 blanko saja, terus kalau habisnya hari Minggu bagaimana mengurusnya, berbagai pertanyaan dilontarkan orang-orang yang kecewa. Alhasil loket SIM nya pun molor dibuka, baru jam 1 siang loket resmi dibuka, mungkin petugasnya ngambek kali dimarahi oleh yang antri. Satu persatu yang antri pun berguguran pulang dengan rasa kecewa.

Lucu juga sih, di situ tertera pengumuman tentang undang-undang kepolisian untuk perpanjang SIM, tertulis telat satu hari dari masa berlaku, maka SIM sudah tidak bisa diperpanjang dan pemilik harus membuat SIM baru, dengan melewati sesi ujian teori dan praktek. Kenyataan di lapangan seperti ini. Yah ini lah PR Kepolisian kita untuk dibenahi.

Untuk biaya perpanjangan SIM Bila merujuk Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), biaya perpanjang SIM A Rp 80.000, sementara C Rp 75.000. Biaya tersebut ternyata belum termasuk biaya Asuransi (Rp 30.000) dan biaya Surat Keterangan Sehat (Rp 50.000). Kedua nya tidak ada bukti pembayaran dari petugas.

Surat Keterangan Sehat bisa langsung didapat di samping loket perpanjangan SIM. Di tes kesehatannya hanya duduk dan menjawab soal buta huruf yang hanya 4 lembar pertanyaan saja. Setelah itu surat diberikan dan proses nya dilanjutkan untuk dipanggil dan diphoto. Selain itu jangan lupa, untuk fotokopi SIM dan KTP masing-masing dibutuhkan hanya 1 lembar saja.

Demikianlah cerita ribetnya perpanjang SIM di Jakarta. Bagaimana cerita di kota kalian ?

Advertisements

2 thoughts on “Ribetnya Perpanjang SIM di Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s